PT Logindo Samudramakmur Tbk, perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayaran dengan fokus pada kapal penunjang kegiatan angkutan lepas pantai (offshore support vessels, OSV) bagi industri minyak dan gas bumi, berencana melaksanakan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO) menjelang tutup tahun ini. Jumlah saham yang ditawarkan ialah sebanyak-banyaknya 193.277.175 saham baru atau 30% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO, termasuk sebanyak-banyaknya 19.327.718 saham atau 10% dari jumlah penerbitan saham yang ditawarkan untuk Program Alokasi Saham Karyawan (Employee Stock Allocation/ESA).
Presiden Direktur PT Logindo Samudramakmur Tbk, Eddy K. Logam, mengungkapkan, mayoritas dana hasil IPO direncanakan untuk belanja modal. “Penggunaan dana hasil IPO nantinya sebanyak 30% untuk membayar pinjaman bank, 60% untuk belanja modal, dan sisanya 10% akan digunakan untuk modal kerja,” papar Eddy dalam public expose Penawaran Umum Perdana Saham PT Logindo Samudramakmur Tbk di Jakarta, Kamis (14/11/2013).
Adapun rencananya, bookbuilding dilakukan mulai Kamis 14 – 22 November 2013, dilanjutkan penetapan harga pada tanggal 25 November 2013. Pernyataan efektif Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan dapat diperoleh Perseroan pada 3 Desember 2013, sehingga penawaran umum perdana saham dijadwalkan dapat dilakukan pada 5 – 6 Desember 2013, penjatahan pada 9 Desember, distribusi 10 Desember 2013, dan ditutup dengan pencatatan saham (listing) di papan Bursa Efek Indonesia pada 11 Desember 2013. Untuk memperlancar proses IPO tersebut, PT Logindo Samudramakmur Tbk menunjuk PT UOB Kay Hian Securities dan PT RHB OSK Securities Indonesia sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek, Kantor Akuntan Publik Purwantono, Suherman & Surja (a member firm of Ernst & Young Global Limited) sebagai Auditor, Hanafiah Ponggawa & Partners sebagai Konsultan Hukum, dan PT Raya Saham Registra selaku Biro Administrasi Efek.
Optimisme dalam industri minyak dan gas Indonesia meningkatkan permintaan kapal penunjang kegiatan migas lepas pantai. Dalam konferensi pers yang berlangsung pada Kamis, 14 November 2013, Eddy K. Logam mengungkapkan optimismenya terhadap perkembangan industri minyak & gas bumi di Indonesia. “Indonesia masih memiliki banyak cadangan minyak & gas bumi yang belum dieksplorasi. Kantung-kantung cadangan minyak ini berada di daerah laut dalam di Indonesia Timur. Dengan demikian arah pengembangan eksplorasi minyak & gas bumi akan bergeser dari laut dangkal ke laut dalam. Ini akan memicu tumbuhnya permintaan akan OSV, terutama kapal-kapal yang lebih canggih dan berdaya besar untuk dapat melayani kebutuhan eksplorasi dan produksi minyak & gas bumi di area laut dalam”
Perkembangan industri minyak dan gas ini menjadi salah satu pertimbangan investasi bagi calon investor. PT Logindo Samudramakmur Tbk telah dan akan terus berinvestasi pada kapal-kapal yang dapat memenuhi kebutuhan eksplorasi minyak & gas bumi di perairan dalam. Hal ini juga ditambah dengan beberapa faktor pendorong. Diantaranya, rekam jejak perseroan di bisnis OSV dan kuatnya hubungan dengan pelanggan. Ini terlihat dari jangka waktu kontrak yang panjang dengan beberapa perusahaan besar atau kontraktor minyak & gas bumi. Perseroan juga didukung oleh beragam armada baru yang dilengkapi dengan perangkat teknologi kelautan mutakhir.
Kinerja PT Logindo Samudramakmur Tbk tak lepas dengan adanya dukungan pusat perawatan & pemeliharaan kapal milik sendiri yang menjamin proses perbaikan & pemeliharaan kapal secara cepat. “Kami terus meningkatkan kemampuan tim manajemen dan operasional kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan penuh integritas. Ini juga didukung penuh oleh komitmen dan keterlibatan para pendiri serta dukungan kuat dari Pacific Radiance Group sebagai mitra strategis kami.”
Selama 2010-2012, belanja modal PT Logindo Samudramakmur Tbk rata-rata telah tumbuh hingga 145.94%. Pertumbuhan belanja modal yang meningkat tajam, berhasil mendorong revenue perseroan menjadi USD 25,0 juta sampai dengan Juni 2013, meningkat dari periode yang sama di 2012 sebesar USD 15,1 juta. Gross profit hingga Juni 2013 mencapai USD12,7 juta, naik secara signifikan dari periode hingga Juni 2012 sebesar USD 7,7 juta. Sementara laba (sebelum pajak) sampai dengan Juni 2013 juga meningkat menjadi USD 7,6 juta, dari posisi periode yang sama tahun lalu sebesar USD 4,2 juta.
Tentang PT Logindo Samudramakmur Tbk.
Sejak kelahiran Perseroan pada tahun 1995, PT Logindo Samudramakmur Tbk mempunyai visi untuk memimpin pembaharuan dunia perkapalan Indonesia dengan menyediakan solusi berbagai terbaik yang berintegritas. Dalam perjalanannya, jenis dan ukuran armada PT Logindo Samudramakmur Tbk bertumbuh secara signifikan. Saat ini PT Logindo Samudramakmur Tbk memiliki dan mengoperasikan beragam kapal seperti : Anchor Handling Tug and Supply Vessel, Platform Supply Vessel, Azimuth Stern Drive Tug, Diving Support Vessel, Landing Craft Transport, dan lainnya, yang akan terus diremajakan secara berkesinambungan.
Pertimbangan Investasi
Berikut ini adalah pertimbangan investasi bagi calon investor sebelum memutuskan untuk berpartisipasi dalam penawaran umum saham perdana PT Logindo Samudramakmur Tbk:
- Perseroan merupakan salah satu penyedia jasa OSV di Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat. Perseroan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat terutama dalam 5 (lima) tahun terakhir dimana pada tahun 2008, Perseroan hanya mengelola 41 unit kapal dan saat ini telah memiliki 58 unit kapal.
- Perseroan memiliki kontrak jangka panjang dengan pelanggan. Perseroan memiliki keunggulan yang cukup besar dengan didapatkannya kontrak-kontrak berjangka panjang dengan pelanggan utama seperti misalnya Total E&P Indonesie.
- Dukungan yang kuat dan komitmen dari pemegang saham asing, Pacific Radiance Group. Pacific Radiance Group sebagai pemegang 49% saham Perseroan merupakan perusahaan Singapura penyedia jasa OSV terintegrasi global. Perseroan berkeyakinan bahwa pengalamanan dan jaringan yang dimiliki Pacific Radiance Group akan memberikan nilai tambah bagi Perseroan dalam menyediakan jasa OSV kepada pelanggan.
- Tingkat utilisasi kapal yang optimal. Perseroan memiliki tingkat utilisasi kapal yang optimal yaitu 87,7% dengan masa operating days 320 hari. Hal ini menunjukkan bahwa kapal Perseroan efektif beroperasi selama 320 (tiga ratus dua puluh) hari dalam setahun.
- Kapal OSV berbendera Indonesia. Perseroan merupakan satu-satunya perusahaan kapal OSV yang 100% (seratus persen) berbendera Indonesia. Sebagian perusahaan kapal di Indonesia masih menyewakan kapal asing dengan mekanisme back-to-back, namun Perseroan seluruhnya menggunakan kapal berbendera Indonesia dalam menyewakan kapal ke pelanggan.
Released : Jakarta, 14 November 2013